Crowdsourcing Sites
Anda pernah membeli sebuah logo seharga Rp. 300.000,- ? atau Rp. 150.000,- atau bahkan lebih murah ? Ya saya yakinkan bahwa anda membeli sebuah produk yang bernama logo. Biasanya sering kita dapatkan di website crowdsourcing yang dimana satu tempat terdapat banyak desainer grafis yang siap menawarkan hasil desainnya kepada anda. Penyelenggara lomba disebut dengan CH (Contest Holder), sedangkan para desainer grafis yang mengikuti lomba disebut dengan desainer. Saya tidak akan membahas lebih jauh tentang bagaimana proses pembuatan logo di logo crowsourcing, namun saya akan menjelaskan perbedaan antara pembuatan logo sebagai sebuah produk atau logo sebagai sebuah identitas.
Dalam pembuatan logo di crowdsourcing, kita akan menerima berbagai macam jenis logo dari para desainer. Cukup memberikan visi misi dari logo yang ingin anda buat, kemudian para desainer grafis siap memberikan berbagai macam jenis desain logo. Sayangnya, dalam website crowdsourcing komunikasi antara CH serta desainer grafis terbatas.
Logo yang disebut sebuah produk bisa diibaratkan sebagai sebuah flash disk yang dapat di pasang dan copot begitu saja (plug & play). Karena logo itu sendiri belum memiliki peran penting dalam bisnis (hardware) anda. Kembali kepada setiap individu masing-masing, bagaimana mereka melihat logo mereka sendiri. Apakah sebagai sebuah produk atau sebagai identitas ?
Atau Anda ingin berusaha mencari sendiri ragam rumah kreatif yang bergerak dalam jasa membuat logo dan jasa membuat desain murah atau jasa logo murah, silahkan.
Terdapat banyak rumah kreatif yang dapat membantu Anda membuat logo, membuat desain murah, membuat logo murah, dan lainnya, salah satunya adalah KINAJA CREATIVE yang berbasis di Jakarta dan memiliki tujuan utama membantu UMKM dan Perusahaan Start-up dalam membangun bisnis.
Strategy, Research, and Understanding
Ada istilah yang disebut creative briefing atau creative brief dalam pembuatan desain grafis. Creative brief adalah suatu bentuk diskusi antara klien serta desainer grafis untuk mencapai visi dan misi yang sama.
![]() |
Contoh Creative Brief Agency |
Lebih dalam lagi, pada tahap research, si desainer harus mengetahui juga strategy marketing si klien. Produk apa yang menjadi unggulan, serta kapan timing sebuah brand tepat dikeluarkan. Alhasil jika tahap ini terlewati, terkadang ada missing understanding antara desainer dengan klien.
Understanding is a Service
“One of the greatest values a graphic designer can provide is the ability to successfully translate this understanding into a visual brand.”
Cost yang dikeluarkan memang tidaklah sesederhana yang terlihat. Saya bilang “sesederhana” bukanlah murah atau mahal. Karena price untuk sebuah nilai seni begitu subjektif-relatif. Bagaimana agar orang dapat menilai mereka layak mendapatkan harga yang pas untuk hasilnya? Kunci jawabannya ada pada “Understanding”. Inilah servis yang diberikan oleh desainer grafis kepada seorang klien. Bagaimana mereka dapat membantu klien mendapatkan visual brand yang sesuai dengan visi dan misi perusahaannya.
So, apakah logo yang anda miliki merupakan hasil sebuah produk atau identitas dari usaha bisnis anda? Anda sendiri yang dapat menjawabnya.
Suatu bentuk usaha atau bisnin, LEBIH daripada apa yang kita pikirkan. Mulailah berkonsultasi dengan pihak-pihak yang memang dapat dipercaya bahkan dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan pada bisnis.
Terdapat banyak rumah kreatif yang dapat membantu Anda membuat logo, membuat desain murah, membuat logo murah, dan lainnya, salah satunya adalah KINAJA CREATIVE yang berbasis di Jakarta dan memiliki tujuan utama membantu UMKM dan Perusahaan Start-up dalam membangun bisnis.
Kunjungi saja Instagram mereka disini.
Selamat berusaha!
Source
Tidak ada komentar:
Posting Komentar